Oleh: smkn1salatiga | Februari 1, 2010

PHBM


Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan yang penuh dinamika dan perkembangan. Dengan demikian perubahan dan pengembangan pendidikan adalah sutau hal yang memang seharusnya dilakukan sejalan dengan perubahan budaya kehidupan yang terjadi.

Hal ini mengandung konsekuensi bahwa penyempurnaan/perbaikan pendidikan khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah untuk mengantisipasi kebutuhan dan tantangan masa depan yang perlu terus menerus dilakukan dan diselaraskan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha/industri, perkembangan dunia kerja, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Banyak faktor yang mempengaruhi mutu produk pendidikan dan pelatihan, diantaranya kurikulum, tenaga kependidikan, sarana prasarana, alat & bahan, manajemen sekolah, lingkungan (iklim kerja), infrastruktur, kerjasama industri instansi terkait dan masyarakat.

Menghadapi era globalisasi dewasa ini, sumber daya manusia yang merupakan modal dasar untuk menghadapi perkembangan jaman, perlu dipersiapkan dalam waktu sedini mungkin, sehingga dapat diharapkan mampu mengantisipasi problematika sosial yang demikian kompleks. Dan mengingat bahwa tanggung jawab pendidikan sebagai tulang punggung dalam membina dan mengembangkan sumber daya manusia, harus disertai oleh sarana pendukung yang dengan itu dapat terciptanya sumber-sumber daya yang mampu bersaing dalam pasar bebas di masa yang akan datang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: